Anakku, Bantu Bunda Menjalankan Ibadah Ramadhan

Publikasi: 13/11/2003 18:36 WIB

eramuslim –
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.. (Al Baqarah : 183)
Anakku,
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan maghfirah. Bulan diturunkannya Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia. Pada bulan ini nafas-nafas menjadi tasbih, tidur adalah ibadah, amal-amal diterima dan doa-doa diijabah. Bulan yang oleh Rasulullah dalam khutbah beliau menyambut Ramadhan disebut sebagai bulan yang paling mulia di sisi Allah SWT.
Anakku,
Meskipun bunda beroleh keringanan untuk tidak menjalankan ibadah puasa di bulan ini karena mengandungmu, tapi bunda memutuskan untuk tetap menjalankan ibadah puasa. Selama tiga bulan mengandungmu, alhamdulillah tidak ada keluhan yang berarti. Insya Allah bunda dapat menjalankan aktivitas seperti biasa. Itu menjadi salah satu alasan kenapa Bunda memutuskan untuk berpuasa.
Anakku,
Dari beragam informasi yang bunda kumpulkan tentang puasa bagi ibu hamil, bunda mengetahui banyak hal. Menurut seorang dokter ahli kandungan, pada dasarnya ibu hamil atau yang sedang menyusui bisa saja berpuasa jika mereka sanggup. Artinya, jika mereka tidak merasakan lemas yang berlebihan mereka dapat menjalankan ibadah puasa. Bahkan sebuah penelitian epidemiologis yang dilakukan di Inggris terhadap 13350 bayi Islam yang dilahirkan di Inggris menyimpulkan bahwa puasa Ramadhan tidak memberikan dampak pada penurunan berat bayi yang baru lahir.
Anakku,
Menjalani puasa saat hamil tentu saja memerlukan kiat-kiat tertentu. Puasa sesungguhnya bukan benar-benar dihentikannya asupan bagi tubuh, tetapi hanya terdapat perubahan waktu. Karena itu, yang terpenting, asupan kalori yang dibutuhkan saat kehamilan dapat terpenuhi. Dan bunda berusaha memenuhi kebutuhan kalori itu dengan memperhatikan makanan yang masuk saat berbuka puasa dan sahur.
Anakku,
Ibadah puasa tanpa diragukan lagi memberikan banyak manfaat ditinjau dari berbagai sisi. Banyak ahli kesehatan yang meneliti tentang manfaat puasa, dan menemukan bahwa puasa memberi banyak manfaat mulai dari kesehatan pencernaan, meningkatkan fungsi organ reproduksi, meremajakan sel tubuh, dan bahkan untuk kecerdasan otak. Selain kesehatan fisik, puasa juga memberikan manfaat bagi kesehatan batin. Puasa dapat membangkitkan kekuatan hati, ketakwaan hati, juga ketundukan kepada Allah SWT semata.
Anakku,
Menjalankan ibadah puasa berarti seseorang berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bunda pun begitu, dan berharap dengan upaya mendekatkan diri pada Sang Maha Pencipta ini dapat memberikan ketenangan jiwa. Ketenangan jiwa yang juga membantu bunda menjalankan kehamilan dengan sebaik-baiknya. Dengan puasa ini bunda berharap bukan hanya diri bunda sendiri yang dididik menjadi pribadi muslim yang mampu menahan diri dari godaan hawa nafsu tetapi juga mendidikmu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sejak dini.
Anakku,
Bantu bunda menjalankan ibadah ramadhan. Bukan hanya berpuasa, tapi juga ibadah-ibadah lain seperti tilawah Al Qur’an, shalat tarawih, bersilaturahmi dengan saudara-saudara sesama muslim, dan ibadah-ibadah sunnah lainnya. Mudah-mudahan bunda dapat menjalankan ibadah ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya.
Anakku, tidak lupa bunda memanjatkan doa: Rabbana hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrata a’yuniwwaj’alnaa lil muttaqiina imaamaa. Amiin ya robbal ‘alamiin.

bintangkecil

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: